Kamis, Oktober 17, 2013

Model Latihan Heading

lama tak post.. hehe
kali ini saya akan posting, model latihan heading.
banyak variasi model latihan, tapi banyak juga yang menggunakan latihan model-model itu saja.
maka itu heading terutama, merupakan faktor yang tidak boleh dilewatkan.
langsung saja ini ulasannya.



Heading atau sundulan terkesan sederhana. Tapi jika jarang dilatih, tetap saja akan sulit dilakukan.  Salah satu variasi yang bermanfaat adalah melakukan latihan pola heading. Macam pola heading dapat bermacam-macam, salah satu pola heading tersebut adalah sebagai berikut.
1)      POLA HEADING ORGANISASI MENYERANG
C melakukan operan ke A, A melakukan sundulan ke C. dan C melakukan operan langsung ke B, sedangkan A berlari ke kanan dan menuju A’. B mengembalikan ke C dengan sundulan, dan A’ melakukan sundulan kearah B setelah di berikan umpan oleh C.

Keterangan :
A-B = 2 M   B-C= 2 M     A’-B= 5 M


 Berikut ini contoh peragaan dari foto :

 




 

2)      POLA HEADING VARIASI DAN AKURASI
 Dalam permainan, melakukan heading sering tak semudah dalam latihan. Sebab situasinya lebih complex, juga banyak kejadian-kejadian atau tekanan yang kadarnya bisa ringan dan berat.  Sehingga harus diberikan latihan yang membuat nuansa heading pada saat latihan terkesan ada persaingan dan permainan juga. Berikut cara melakukan model latihan yang bagus untuk digunakan saat latihan.
                Setelah itu orang yang ditengah mengoper-oper pada beberapa kun yang ada di garis lingkaran. Kun bisa memakai lebih dari 3. Orang yang ditengah tersebut akan diganti bilamana pemain yang ada di kun tersebut sudah menerima bola headingan dari peraga yang di tengah.
Latihan ini membantu untuk memberikan tingkat akurasi yang tinggi, melatih arah heading ,  dan menambah variasi heading yang digunakan, seperti heading bola rendah atau bola tinggi.



Berikut ini contoh peragaan dari foto :














sekian dulu postingan dari saya, semoga bermanfaat... :)

Tidak ada komentar: